Wednesday, December 12, 2012

5 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Tabel merupakan salah satu bagian penting dalam berbagai bentuk bahasa tulis terutama berbagai bentuk laporan. Aplikasi microsoft word menyediakan tool untuk membuat tabel tersebut  dengan mudah dan cepat. Berikut ini 5 cara membuat tabel di microsoft word.
Pilih menu insert pilih kotak tabel maka akan keluar tampilan berikut.


Setelah kita memilih menu insert --> tabel akan muncul berbagai pilihn.Kita akan bahas pilihan tersebut satu persatu.


1. Quick Create dan Insert Tabel
Membuat tabel dengan quick create caranya kita cukup menggeser pointer mouse pada kotak-kotak jumlah baris dan kolom sesuai yang kita inginkan. Ketika kita selesai makan otomatis dalam jendela kerja kita muncul tabel seseuai jumlah area di quick create. Catatan tabel yang dibuat dengan cara ini maksimal pada awalnya hanya 10 kolom dan 8 bari, tapi tak masalah karena bisa kita tambah kemudian. Satu lagi tambahan ketika membuat dengan quick create panjang kolom akan menyesuaikan sama dengan lebar jendela kerja. Misalnya seperti gambar berikut. Saya memilih membuat tabel 3 kolom dan 3 baris. Maka hasilnya akan tampak seperti disampingnya.



Jika anda menggunakan insert tabel maka anda akan lebih banyak pilihan. Bebas memilih jumlah kolom dan baris seta pengaturan pngaturan lebar kolom dan lainnya.


Tabel size : mengatur ukuran tabel yang terdiri dari jumlah kolom dan jumlah baris
AutoFit Behavior : mengatur otomatisasi lebar kolom
- Fixed column with : Menentukan lebar kolom secara spesifik
- Auto Fit Content : Lebar kolom akan menyesuaikan dengan isi sel terpanjang setelah kita mengisinya
- Auto Fit Window : Lebar kolom menyesuaikan lebar lembar kerja kita
Untuk lebih tahu perbedaannya silahkan anda coba satu persatu.

2. Draw Table
Ini sebenarnya hanya tool bantu dan jarang dipakai karena akan terlalu lama membuat tabel dalam jumlah yang banyak jika menggunakan tool ini. Tapi tool ini akan memudahkan kita membuat tabel yang bentuknya aga unik. Prinsipnya anda menggambar border dari tabel. Dan dari border itu nanti terbentuk tabel sesuai gambar anda. Berikut contohnya.

lebih mirip mengambar bebas tapi dengan kotak-kotak.




3. Membuat Tabel dari Teks Ms Word yang Sudah Ada
Ini adalah fungsi dari pilihan convert text to table. Suatu saat tool ini akan sangat terasa manfaatnya. Prinsipnya anda punya teks dan dari teks yang sebelumnya plan format akan dibuat ke dalam tabel. Caranya.
- Blok teks yang akan dibuat tabel, misalnya teks berikut

- Insert --> Table --> Convert text to table
- akan muncul piliha berikut

- Aturlah berapa kolom dan berapa baris yang dinginkan. Kadan Word sudah menentukan defaul jumlah kolom atau jumlah baris mneyesuaikan bentuk teks kita
- Nah yang paling penting adalah pilihan separate text at, itu merupakan pilihan untuk menentukan jumlah pemisahan serta apa yang dipisah dari sebuah plan text. Saya pilih ':" (titik dua)
- Pilih OK
hasilnya...


4. Membuat tabel word dari spread sheet ms excel
Pilihan ini (Excel Spreadsheet) sama intinya dengan anda menginsert objek berupak ms. excel. Anda akan disediakan tabel yang ketika anda edit (klik) akan muncul tampilan spreadsheet ms wxcel. Setelah anda selesai membuatnya di excel cukup kli di bagian luar jendela kerja excel.

5. Membuat table dengan Quick Table
pilihan ini menyediakan berbagai format table berikut isinya yang bisa kita edit kemudian. Contohnya seperti kalender, tabular table, dan lain lain. Itulah tadi 5 cara membuat tabel di Microsoft Word. Silahkan dicoba




1 comment: