Monday, April 22, 2013

Tampilan Microsoft Word (Wajib Tahu)

Tampilan Microsoft Word 

Microsoft word merupakan software pengolah kata yang berbasis graphical user interface. Ini berarti ketika kita menjalankan program ini, word akan menunjukkan tampilannya kepada pengguna. Tampilan microsoft word ini meliputi pula semua komponen yang membentuk lingkungan kerjanya. Apa saja bagian-bagian tampilan microsoft word? Berikut ulasannya.

1. Border Kotak

Aplikasi word tampil berbentuk kotak yang ada bordernya. Jika kita mengarahkan pointer di border ini maka bisa berubah menjadi panah 2 arah maupun 4 arah. Panah 2 arah untuk megatur panjang dan lebar jendela sedangkan panah 4 arah untuk mengatur posisi. Dalam tampilan microsoft word terdapat ico basic pengaturan jendela aplikasi seperti berikut.


minimize button
 Menutup Jendela kerja microsoft word
restore jendela button  Full dan non full screen jendela
close button tampilan microsoft word  Menutup jendela word



2. Menu

Kalau di ms word 2000 dan 2003 kita masih familiar dengan yang namanya menu seperti file, edit, view dan sebagainya, namun dan tampilan microsoft word 2007 dan 22010 menu tidak lagi digunakan dan digantikan dengan pita (ribbons).


3. Ribbons

Disebut pita karena memang tampilannya menyerupai ribbon lengkap dengan berbagai isinya. Dimana masing-masing terdiri dari  kumpulan perintah masing-masing. Berikut ini tampilan ribbons




4. Screentips

Merupakan tampilan microsoft word berupa teks pembantu yang keluar ketika kita memilih suatu icon perintah. Text ini membantu kita mejelaskan fungsi suatu icon microsof word yang belum kita kenal.


5. Scrollbar

Scrollbar merupakan bagian tampilan word yang digunakan untuk menggulung/ menggeser tampilan ke bagian lain dokumen. Scrollbar ada 2  di bagian atas dan bagian kanan.
 

6. Ruller

Ruller melintang di bagian atas dan membujur dibagian kanan dari tampilan dokumen microsoft word.Anda bisa menggunakan ruller untuk mengatur tab, indent, dan mengatur lebar kolom tabel.


7. Toolbars

Toolbar merupakan salah satu tampilan microsoft word yang paling sering digunakan. Dalam tampian microsoft word 2010 hanya ada 2 toolbar.
  • Quick Access Toolbar

    Toolbar ini tampil di bagian pojok atas kiri. Tampilan basic dari toolbar ini terdiri dari icon save, undo, dan redo. Tapi anda bisa memodifikasi icon apa saja yang tampil dengan icon panah paling kanan.

    quick toolbar pada tampilan microsoft word 2010
  • Mini toolbar

    mini toolbar
    Merupakan toobar kecil yang tampil ketika ada teks yang terseleksi. Mini toolbar berisi icon perintah dasar. Dengannya anda tidak perlu menggeser mouse ke ribbons.


8. Status Bar

Bar ini melintang dibagian dasar tampilan microsoft word. Bar ini terdiri banyak icon dengan fungsi masing-masing seperti menunjukkan posisi pointer (di halaman berapa), jumlah kata, bahasa, dan  jenis tampilan seperti print layout, full screen reading, web layout, outline, dan draft.



Itu tadi bagian-bagian dari tampilan microsoft word 2007 maupun 2010. Sebenarnya masih banyak bagian tampilan microsoft word lain yang kecil-kecil seperti task pane, smart tags, dan sebagainya. Nanti disambung khusus di postingan tampilan microsoft word yang lain.

No comments:

Post a Comment