Monday, April 29, 2013

Trik Menghindari Salah Ketik Huruf Capital

Trik Menghindari Salah Ketik Huruf Capital - Selamat malam jumpa lagi dengan ms word center. Kali ini bagi trik menghindari salah ketik huruf capital di microsoft word. Sering sekali kita melakukan kesalahan penulisan huruf kapital. Huruf kecil kita ketik kapital dan huruf kapital malah kita ketik huruf kecil. Asal anda tahu untuk membetulkannya kadan cukup repot dan tentunya memakan waktu yang cukup banyak. Musti mindahin cursor, menghapusa yang salah, baru menuliskan yang benar. Disamping itu keakuratannya juga belum tentu terjamin. Misal anda menulis berpuluh atau beratus halaman kemudian kata di awal kalimat banyak yang salah tulis huru kapitalnya, contoh.



Ketika anda mengetahui kesalahan tulis, jangan buru-buru dibetulkan. Membetulkan satu-satu bisa memakan waktu lama. Biarkan dulu dan tetap lanjut mengetik yang lain hingga selesai. Huruf Kapital di awal kalimat yang salah ketik bisa dibetulkan dengan trik berikut :
  • Seleksi semua teks
  • Klik ribbons home pilih icon change case

  • Pilih Pilihan Lower Case untuk terlebih dahulu menjadikan semua huruf kecil
  • Pilih pilihan sentence case.
  • Taraaa, lihat hasilnya

    Menghindari Salah Ketik Huruf Capital
Pesan penulis, ketika memang ada yang salah terutama penulisan huruf kapital di awal kalimat maupun di tengah kalimat biarkan saja karena bisa sangat mudah kita betulkan di belakang.
*Catatan Penting : Cara ini tidak bisa di guanakan untuk semua jenis dokumen tergantung isi (tulisan di dokumen). Jika keseluruhan kalimat merupakan kalimat norma dan tidak menggunakan kata yang menurut EYD unsur penulisannya mengandung huruf kapital mungkin tak masalah. Tapi jika ada penulisan yang harus menggunakan huruf kapital seperti nama orang, hari, judul, dan sebagainya lebih hati-hati lagi.
Anda juga bisa membetulkan penulisan huruf kapital perkalimat. Taruh saja cursor di kalimat tersebut (posisi terserah) dan klik lower case kemudian sentence case. Sekitan dulu, semoga bermanfaat trik menghindari salah ketik huruf capital. Wassalam. :D

1 comment: