Saturday, May 4, 2013

Membuat Footer Berbeda untuk Setiap Halaman

Footer atau catatan kaki merupakan salah satu fasilitas yang disupport oleh microsoft word. Secara default, footer akan dibuat sama untuk seluruh halaman karena pada dasarnya semua halaman saling terhubung. Coba anda membuat footer yang berisikan kata-kata mutiara, pasti kata-kata tersebut akan mucul di semua halaman yang ada. Lalu bagaimana caranya membuat footer yang berbeda di setiap halaman? Asal tahu saja footer yang berbeda biasanya digunakan untuk menuliskan bab atau materi dari buku tersebut misal hal 3-15 tentang dasar-dasar microsoft word maka diberi footer dasar-dasar microsoft word. Kemudian halaman 16-20 tentang mail merge maka footernya dituliskan mail merge dan sebagaiya.
untuk membuat footer yang berbeda dapat dilakukan dengan
  • Setelah anda insert footer, tempatkan kursor dibagian atau di halaman yang akan dibedakan footernya.
  • Terlebih dahulu pastikan bahwa  kursor berada di luar area footer.
  • Pilih ribbon "Page Layout" >> Break >> Next Page.
  • Tekan [Ctrl] + [*] untuk melihat lokasi parameter section break next page. Para meter inilah yang akan menjadi batas footer pertama dengan footer kedua.
  • Jika setelah langkah keempat muncul baris tambahan yang tidak perlu anda bisa menghapusnya sesuai kebutuhan.
  • Arahkan kursor ke area footer tempat footer yang baru (berbeda) akan ditulis (double klik pada area footer).
  • Jangan lupa pada kolom navigation non aktivkan "Link to Previous" dengan cara klik iconnya.
  • Tulis footer baru yang dibutuhkan. Lihatlah footer yang baru tersebut akan berbeda dengan footer yang lama dan tidak mempengaruhi halaman sebelumnya.
membuat footer yang berbeda di microsoft word

Sekedar tips dari microsoftwordcenter, ketika menghapus halam yang tidak perlu pastikan anda terlebih dahulu Ctrl+* agar pembatas section break tidak terlihat. Untuk membuat footer ketiga yang berbeda anda cukup mengulangi langkah-langkah yang sudah dijelaskan tadi. Itu tadi bagaimana cara membuat footer berbeda untuk setiap halaman. Happy Wording. :D

9 comments:

  1. terima kasih kak inormasinya sangat bermanfaat, salam kenal http://memolodys.blogspot.com/2013/08/cara-booting-shutdown-komputer-cepat.html

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas info nya.. ini sangat berguna untuk meredaksional pedoman di perusahaan tempat saya bekerja.

    ReplyDelete
  3. makasih infonya gan,
    bermanfaat banget

    ReplyDelete