Wednesday, December 12, 2012

Fungsi dan Manfaat Microsoft Word

Hampir satu dekade sering sekali menggunakan microsoft word, kadang terpikir bahwa, meskipun software ini tak sementereng software yang lain macam corel, photoshop, dll, ternyata dia punya fungsi vital dan manfaat yang sangat banyak. Berikut saya coba menuliskan fungsi dan manfaat microsoft word.

Fungsi Microsoft Word

Sudah menjadi aturan umum kalau fungsi sesuatu selalu identik dengan nama. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata. Ia berperan sebagai alat bantu (help tool) yang membantu kita (user) menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.
Seiring dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsinyapun kini tak hanya terbatas  pada olah kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomprehensif di ms excel. Pada ms word yang sudah canggih seperti versi 2007 dan 2010 ada tools untuk convert word ke media yang lain. Ini berarti word juga ada fungsi konverter. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa anda temukan.

Manfaat Microsoft Word

1. Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan
Fakta bahwa ms word sangat membantu kita menuntaskan  semua pekerjaan tidak bisa dibantah lagi. Ms Word punya ratusan tool yang memudahkan kita. Mulai dari sekedar iseng nulis, hitung tabel, sampai membuat gambar bisa kita lakukan di Ms. Contoh kecil saja, di ms word kita bisa membuat garis dengan beraneka ragam pilihan hanya dengan 1 atau 2 kali klick mouse. Bayangkan bagaimana susahnya kalau anda harus menggunakan penggaris. Pekerjaan anda bisa lama sekali selesainya.

2. Menghemat Waktu
Manfaat ini merupakan konsekuensi logis dari manfaat di nomor satu. Semakin kita mudah menyelesaikan pekerjaan makan semakin banyak waktu yang bisa kita hemat. Bayangkan saja jika anda ingin mencetak undangan yang sama dalam jumlah banyak dengan hanya menggunakan mesin ketik. Bisa berhari-hari selesainya. Kalu dengan ms word kita bisa menggunakan copy paste atau mail merge.

3. Menghemat Kertas
Karena microsoft bisa diedit jika terjadi kesalahan,  hal ini bisa sangat menghemat konsumsi kertas. Hemat kertas berarti juga hemat penebangan hutan pulp kertas yang berarti pula mengurangi penebangan hutan dan membantu mencegah global warming. Heheh sampai kemana-mana.

Itulah tadi sedikit dari saya mengenai fungsi dan manfaat microsoft word. Anda mungkin punya versi lain tentang manfaat program ini, kalau ada silahkan dituliskan di bawah ini.

5 comments: